STUDENT DEVELOPMENT PROGRAM

STUDENT DEVELOPMENT PROGRAM
Sebagai agen perubahan dan harapan bangsa, mahasiswa diharapkan dapat membawa perubahan kearah kondisi yang lebih baik. Perubahan dari lingkungsan sekitar atau bahkan perubahan bagi bangsa dan negara. Mengapa? Karena mahasiswa memiliki intelektualitas yang dapat diabdikan di masyarakat, memiliki karakter teladan yang dapat dicontoh, dan memiliki bakat dan potensi  yang dapat diimplementasikan di masyarakat untuk menuju perubahan yang lebih baik.
Pada dasarnnya mahasiswa memiliki bakat dan potensi yang berbeda-beda. Minat, bakat,dan potensi tersebut dapat diasah dan dibentuk. Tentu saja terdapat banyak sekali manfaat yang didapatkan dari mengenal potensi diri dan keunggulan diri. Seperti memiliki rasa percaya diri dalam melaksanakan tugas di bidang yang sesuai dengan minat kita dan menunjang produktivitas kita sebagai mahasiswa dalam berprestasi dan juga unggul pada bidang yang sesuai dengan kita.
Akan tetapi, salah satu kendala yang terjadi adalah kurangnya pemahaman dan pengarahan untuk mengenal dan mengetahui minat,bakat,juga potensi apa yang kita miliki. Hal itu juga dapat menjadi penghambat mahasiswa dalam mengambangkan potensi sesuai ketertarikannya. Oleh karena itu berbagai usahapun dilakukan oleh pihak kampus untuk mengenal siapa diri kita contohnya dengan diadakannya seminar,talkshow,workshop,UKM kampus dan lain-lain.
 Di Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) memfasilitasi mahasiswa baru  dengan adanya SDP (Student Development Program) yang mana program terebut membantu mengenalkan dan mengarahkan mahasiswa baru FMIPA UNY untuk menggali potensi yang ada. Tidak hanya itu, SDP pun mengarahkan mahasiswa baru FMIPA UNY yang sedari awal sudah mengetahui minat,bakat,dan potensi untuk dapat mengeksplor minat dan bakat yang juga dapat diasah.
SDP ini akan menjembatani mahasiswa baru UNY untuk memilih UKM sesuai minat dan bakat masing-masing. SDP terdiri dari 6 jenis SDP diantaranya : MTQ (Musaqabah Tillawatil Qur’an), Konservasi Burung, KTI (Karya Tulis Ilmiah), Forumuster, Pecinta alam dan Public Speaking.
a.       MTQ
Keterampilan membaca Al-Qur’an dalam berbagai lagam. Nantinya SDP MTQ akan diarahkan untuk UKM HASKA (Himpunan Aktivitas Kajian Agama). Mahasiswa UNY FMIPA yang mgikuti SDP MTQ diharapkan mampu membaca Al-Qur’an dengan tartil sesuai tajwid dan makhrajnya, mempunyi kemampuan utuk menghafal Al-Qur’an dengan baik dan juga menulis kaligrafi dengan baik. Mahasiswa FMIPA UNY juga dapat mengeksplor diri lebih dalam berbagai ajang perlombaan seperti : MTQ, MHQ,Kaligrafi dll.
b.      Konsevasi Burung
SDP ini akan diarahkan pada UKM Bionic. UKM tersebut bergerak dalam bidang pengamatan dan penelitian burung. Dengan mengikuti SDP konservasi burung terbentuknya rasa keingintahuan yang tinggi bagi mahasiwa baru FMIPA UNY dalam menganal berbagai jenis burung, tumbuhnya rasa peduli terhadap lingkungan khususnya burung, tumbuhnya rasa untuk melestarikan burung yang disadari banyak jenis burung yang muai punah. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam UKM Bionic seperti mengikuti Fetival Burung Pantai, Festival Burung Kaptor, dan Asian Waterbird Census (Pendataan Internasional)
c.       KTI (Karya Tulis Ilmiah)
Mahasiswa baru FMIPA UNY yang memilih SDP KTI diarahkan pada UKM KSI-MIST(Kelompok Studi Mipa Ilmiah Saintis). Ukm ini bergerak dalam bidang penilitian ilmiah dan jurnal ilmiah. Dalam UKM ini kegiatan dasar yang dilakukan ialah membuat Karya Tulis Ilmiah dimana nantinya akan dibimbing dan diarahkan bagaimana membuat KTI dengan baik dan benar, bagaimana menuangkan ide dalam bentuk tulisan,dan bagaimana menumbuhkan jiwa saintis. Karya yang telah dibuat dapat diajukan pada PKM(Pekan Kreativitas Mahasiswa) dan jika lulus dari PKM akan diajukan pada PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional)
d.      Public Speaking
SDP Public Speaking ini bergerak dalam kemampuan berbicara dengan baik, SDP Ini diarahkan pada DPM & BEM , juga organiasi-organisasi lainnya, dimana di organisasi-organsiasi tersebut mengasah kemampuan kita dalam mengemukakan pendapat berbicara di depan orang banyak, dan mengemukakan ide di depan orang banyak, dengan dilatihnya kemampuan bicara dengan baik kita dapat berpartisipasi dalam forum,diskusi,lomba pidato, dan lomba debat.
e.      Pecinta Alam
SDP pecinta alam akan diarahkan pada UKM HANCALA (Pecinta Alam) dimana UKM ini menuntun dan mengarahkan mahasiswa untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar,  mengeksplor alam diindonesia melatih diri untuk selalu siap siaga dan melahirkan sifat cinta terhadap alam, kegiatan yang dilakukan dalam UKM ini seperti naik gunung, panjat tebing, dan megikuti lomba ornitering (Olahraga dengan kemampuan navigasi)
f.        Forumuster
Bergerak dalam bidang fotografi,Seni Rupa,seni musik,sastra, dan teater. UKM yang bergrak dalam forumster ini adalah SEKRUP yang mana UKM ini meliputi semua jenis seni. Untuk dapat mengasah kemampuan dapat mengikuti pekan seni raya, mengikuti malam apresiasi, dan mengikuti ajang perlombaan seni lainnya.
Jadi SDP dibentuk untuk membantu mahasiswa baru FMIPA UNY dalam menemukan potensi,minat, dan bakat yang dimiliki. Selain itu banyak prestasi pula yang didapatkan mahasiswa UNY FMIPA seperti pada UKM BIONIC yang meraih Juara Nasional dalam Birdwatching Competition di Semeru, serta UKM KSI-MIST yang meraih juara 1 dalam lomba proposal kewiraushaan di Poltekkes Semarang, menunjukan suksesnya SDP dalam menggali potensi mahasiswa FMIPA UNY yang kelak dapat menjadi agen perubahan dan harapan bagi bangsa dan negara. 

Komentar

Postingan Populer